SOAL TEKS CERITA INSPIRATIF KELAS 9 BLOK 3
1. Teks yang berisi sesuatu hal yang dapat menjadi sumber motivasi, bahkan dapat menggerakkan pembacanya disebut dengan teks ...
A. Diskusi
B. Deskriptif
C. Cerita fantasi
D. Cerita inspiratif
2. Tujuan dari teks cerita inspiratif adalah menuliskan ...
A. Hal-hal yang menumbuhkan empati dan motivasi.
B. Proses terjadinya sesuatu.
C. Deskripsi suatu tempat.
D. Cara membuat sesuatu.
Bacalah kutipan teks berikut!
Jadi dalam kehidupan janganlah ada perkataan kutuk keluar dari mulut Anda. Berhati-hatilah dalam berkomunikasi. Pakailah perkataan yang baik dalam kehidupan dan pergaulan Anda supaya hidup dapat berjalan cerah, penuh kasih, dan rasa syukur. Akhirnya Anda terima berkah. Kelak pasti jadi tuaian dan panen indah bagi hidup Anda.
3. Pada teks inspirasi, kutipan tersebut merupakan struktur teks bagian …
A. Orientasi
B. Koda/interpretasi
C. Komplikasi
D. Perumitan masalah
Bacalah kutipan teks berikut!
Di suatu hutan hiduplah sekelompok monyet. Pada suatu hari, tatkala mereka tengah bermain, tampak oleh mereka sebuah toples kaca berleher panjang dan sempit yang bagian bawahnya tertanam di tanah. Dasar toples itu ada kacang yang sudah dibubuhi dengan aroma yang disukai monyet. Rupanya toples itu adalah perangkap yang ditaruh di sana oleh seorang pemburu.
4. Pada teks cerita inspiratif, kutipan tersebut merupakan struktur teks bagian …
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Koda
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Pagar kayu itu ternyata sangat keras. Palu yang digunakan cukup berat. Karena anak laki-laki itu begitu beringas, pada hari pertama saja dia sudah menancapkan 37 paku. Hari demi hari, minggu demi minggu, jumlah paku yang ditancapkan semakin lama semakin berkurang. Setelah beberapa waktu, anak itu mulai paham bahwa menahan amarah itu lebih mudah daripada menancapkan paku ke pagar.
Suatu hari anak itu tidak lagi memerlukan palu dan paku. Dia telah belajar menahan amarah dengan baik. Lalu dia datang ke ayahnya dan bercerita tentang keberhasilannya menahan amarah.
”Sekarang setiap saat, jika mampu menahan amarah dalam sehari, cabut paku yang sudah tertancap di pagar,” perintah ayahnya.
5. Pada teks inspirasi, kutipan tersebut merupakan struktur teks bagian …
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Koda
6. Unsur kebahasaan yang terdapat pada kata yang dicetak tebal paragraf kedua kutipan tersebut adalah …
A. Penanda dialog.
B. Penggunaan kata ganti orang.
C. Penanda keterangan waktu lampau.
D. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu kejadian.
Bacalah kutipan teks berikut!
Alkisah, ada seorang anak yang sangat malas dan sulit dinasihati. Oleh orang tuanya anak tersebut lalu disekolahkan ke luar daerahnya.
7. Unsur kebahasaan yang terdapat pada kutipan tersebut adalah …
A. Penanda dialog.
B. Penggunaan kata ganti orang.
C. Penanda keterangan waktu lampau.
D. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu kejadian.
Bacalah kutipan teks berikut!
"Lho, tadi kenapa kamu langsung beli?"
"Karena kalau aku tidak membelinya, sepertinya tidak akan ada orang yang mau membelinya. Kasihan sang Nenek nggak dapat penghasilan…"
8. Unsur kebahasaan yang terdapat pada kutipan tersebut adalah …
A. Penanda dialog.
B. Penggunaan kata ganti orang.
C. Penanda keterangan waktu lampau.
D. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu kejadian.
Bacalah kutipan teks berikut!
Pada masa dahulu ada seorang anak laki-laki. Dia cerdas, berbakat, dan tampan.
9. Unsur kebahasaan yang terdapat pada kutipan tersebut adalah …
A. Penanda dialog.
B. Penggunaan kata ganti orang.
C. Penanda keterangan waktu lampau.
D. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu kejadian.
10. Berikut ini yang bukan merupakan sebuah cerita yang dapat menggugah perasaan adalah …
A. Membawakan momen "klik" kepada pembaca.
B. Cerita mudah dipahami meski bermakna mendalam.
C. Cerita ditulis dengan panjang lebar, detail, dan akurat.
D. Menyentak langsung hati dan pikiran pembaca/pendengar menjadi lebih baik.
Komentar
Posting Komentar