10 Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Berbagai Tema | Bahasa Indonesia Kelas 8

Dinda Silviana Dewi Sep 27, 2022 

Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Berbagai Tema | Bahasa Indonesia Kelas 8

Sudah tahu apa itu teks persuasi? Di artikel ini, kita akan mengulas kembali mengenai teks persuasif beserta macam-macam contohnya dalam berbagai tema.

--

Kamu pernah nggak mengajak teman kelasmu atau teman dekatmu untuk berkunjung ke suatu tempat, tapi bingung memilih kalimat yang tepat agar temanmu terbujuk dan bersedia? Mulai sekarang, nggak perlu bingung lagi, ya! Karena ada materi teks persuasi yang akan mempermudah pemahamanmu. Yuk, simak beberapa contohnya!

 

Pengertian Teks Persuasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasif atau persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan. Dengan demikian, teks persuasi dapat diartikan sebagai teks yang berisi ajakan terhadap seseorang untuk melakukan sesuatu dengan alasan yang meyakinkan.

Teks persuasi berisi pernyataan-pernyataan yang mendorong seseorang untuk melakukan keinginan penulis. Perlu diketahui bahwa teks persuasi memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai perintah dan bujukan untuk meyakinkan pembaca dengan adanya data akurat yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu, teks persuasi juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada pembeli.

Tujuan Teks Persuasi

Baca Juga: Belajar Teks Persuasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan & Contoh

 

Ciri-Ciri Teks Persuasi

Ciri-ciri teks persuasi adalah sebagai berikut:

  1. menggunakan kalimat ajakan yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu; 
  2. menggunakan kata-kata yang dapat meyakinkan pembaca melalui   data yang akurat;
  3. menggunakan tanda baca seru (!) karena identik dengan kalimat  perintah yang harus dilakukan  oleh pembaca;
  4. menggunakan kata-kata yang mudah diingat sehingga dapat menarik minat pembaca. 

 

Struktur Teks Persuasi

Melansir Buku Sekolah Elektronik Kemendikbud Bahasa Indonesia Kelas VIII, teks persuasi disusun dengan menuliskan argumentasi berupa pendapat dari penulis. Selanjutnya, penulis dapat menyampaikan fakta, dan ditutup dengan ajakan untuk melakukan sesuatu.

Struktur Teks Persuasi

Baca Juga: Kumpulan Contoh Puisi Pendek berdasarkan Jenisnya

 

Contoh Teks Persuasi

Berikut ini beberapa contoh teks persuasi dalam berbagai tema yang bisa menjadi bahan referensimu!

 

1. Contoh Teks Persuasi tentang Kesehatan

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Namun  sebaliknya, apabila enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

 

2. Contoh Teks Persuasi Iklan

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki berbagai kandunganbaik bagi tubuh. Kandungan kalsium dan protein yang terdapat pada susu memberikan manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sebaiknya susu dikonsumsi dua gelas sehari Rutinitas mengkonsumsi susu dapat dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Susu Milky Moo merupakan produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

 

3. Contoh Teks Persuasi tentang Pendidikan


Ayo, Belajar Bahasa Daerah Indonesia!

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, mulai dari Jawa, Sunda, Minangkabau, Bugis, Madura, dan lain sebagainya. Sayangnya, bersumber dari Kompas.com, dalam rilisnya pada 21 Februari 2019, UNESCO mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, termasuk lebih dari seratus bahasa daerah di Indonesia.

UNESCO pun menyebutkan, sebanyak 200 bahasa mengalami kepunahan dalam 30 tahun terakhir dan 607 bahasa dalam status tidak aman. Selain itu, diperkirakan sekitar 3.000 bahasa lokal akan punah pada akhir abad ini.

Bagaimana, sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah mulai punah. Oleh karena itu, ayo, kita lestarikan bahasa daerah di Indonesia! Kamu bisa mulai dari mempelajari bahasa daerahmu sendiri, menghargai bahasa daerah lain, hingga nantinya mempelajari bahasa daerah lainnya. Dengan begitu, bahasa daerah di Indonesia tidak punah pun adat dan budayanya. 

 

4. Contoh Teks Persuasi tentang Politik


Kenalilah Calon Perwakilan Rakyat Kalian Sendiri! Suara Kalian Berharga!

Kasus penetapan UU Cipta Kerja yang marak pada tahun lalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih aware dan berhati-hati dalam menggunakan hak suara kita pada saat pemilu dan perda agar tidak menyesal nantinya ketika suara kita tidak lagi didengarkan. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Study (CSIS) pada 15--22 maret 2019–sebulan sebelum pemilu dilaksanakan–hanya 44,8 persen responden yang mengaku sudah memiliki caleg pilihan mereka, sementara 18,7 persen mengaku akan memilih partai politik, dan sisanya 36,5 persen mengaku belum memiliki pilihan, baik untuk caleg maupun parpol. 

Dilansir dari kompas, menurut seorang peneliti CSIS, yaitu Anya Fernandez mengungkapkan bahwa hal ini bisa terjadi karena perhatian publik terlalu tersedot oleh pemilihan pilpres sehingga banyak masyarakat yang hanya berfokus untuk memilih calon presiden dan wakil presidennya dibandingkan pemilihan caleg. Hal ini terbukti dengan dari survei yang sama menunjukkan hasil bahwa hanya 14,1 persen responden yang belum memutuskan pada pemilihan pilpres. 

Di mana survei CSIS tersebut dilakukan terhadap 2000 responden dengan metode acak dan tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error lebih kurang 2,21 persen.

Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk mengenal semua calon, karena seperti yang kita ketahui bahwa calon DPR, DPD, dan sebagainya sangatlah banyak sehingga waktu untuk mencari tahu profilnya satu per satu tidaklah efisien. Namun, kita sendiri juga perlu menyadari betapa penting dan berharganya hak suara kita tersebut demi perkembangan dan kemajuan negara kita. 

 

5. Contoh Teks Persuasi tentang Imbauan

Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi atau kelompok orang tidak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya dan  mengatasnamakan dinas sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

 

6. Contoh Teks Persuasi tentang Pola Hidup

Pola hidup masyarakat di perkotaan saat ini banyak yang kurang diperhatikan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya rutinitas dan pekerjaan yang padat membuat gaya hidup masyarakat kota yang cenderung memiliki kebiasaan membeli makan makanan di luar rumah. 

Kebiasaan masyarakat kota yang lebih memilih jajan atau membeli lauk pauk di luar, daripada memasak sendiri dianggap lebih praktis. Sayangnya, sedikit orang yang menyadari kebiasaan membeli makanan di luar tidak bisa menjamin kehigienisan makanan.

Padahal, ada banyak kelebihan memasak masakan sendiri di rumah. Bumbu dan kebersihan makanan jadi lebih terjamin, dari segi kualitas bahan makanannya pun juga lebih berkualitas. Selain itu, memasak makanan sendiri bisa menghemat pengeluaran.

Tentunya, mengubah pola hidup dengan memasak makanan sendiri tidaklah mudah. Namun, jika dibiasakan sedikit demi sedikit, itu akan membuat diri kita jadi lebih disiplin juga. Kita bisa mulai dengan membuat agenda harian, mencatat daftar belanjaan lauk-pauk selama beberapa hari, dan mempersiapkannya dalam wadah untuk di simpan dalam kulkas. Jadi, dapat menghemat waktu di kala padatnya rutinitas sehari-hari.

 

7. Contoh Teks Persuasi tentang Hewan Peliharaan

Banyak orang yang memelihara kucing, tetapi tidak banyak yang tahu cara menangani kucing yang sedang sakit. Ada banyak penyakit pada kucing, selain karena masalah scabies, ada juga virus-virus yang mematikan. Salah satu virus mematikan pada kucing adalah virus demam distemper.

Gejala demam distemper ditandai dengan kejang otot, sesak nafas, mulut menganga, dan mengeluarkan liur. Secara tiba-tiba, kucing pun mengalami anoreksia, dimana mereka tidak mau makan ataupun minum. 

Virus distemper sebenarnya dapat disembuhkan, jika langsung ditangani dan dibawa ke dokter hewan. Apabila tidak memungkinkan dibawa ke dokter, bisa juga disembuhkan sendiri dengan memberikan antibiotik. Oleh karena itu, agar kucing tidak mengalami virus mematikan ini, kucing dapat divaksin dan selalu menjaga kebersihan kandang.

 

8. Contoh Teks Persuasi tentang Menanam Pohon

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil, saat ini, bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat drastis.

Hal ini tidak baik untuk bumi karena dapat menyebabkan pemanasan global serta mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak lima tanaman per orang.

Pasti akan ada pertanyaan, “Bagaimana kalau tidak memiliki lahan?” Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot, misalnya menanam sayur-sayuran. Jadi, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menanam kaktus. Tanaman satu ini dapat pula dijadikan dekorasi rumah dalam ukuran yang kecil.

Tularkan kebiasaan baik ini pada teman-temanmu! Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi!

 

9. Contoh Teks Persuasi tentang Pentingnya Sarapan

Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini dikuatkan oleh penelitian dari International Journal of Gastronomy and Food bahwa konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang akan dapat memberikan energi di pagi hari. Tidak hanya itu, tidak sarapan juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi.

Menunda sarapan terus menerus saat bekerja tidak akan menghasilkan output yang maksimal. Terlebih untuk pelajar, tanpa sarapan akan membuat sulitnya menerima pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.

Oleh sebab itu, makan pagi wajib hukumnya untuk setiap orang. Pekerja kantoran, pekerja rumahan, hingga para pelajar. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Tidak perlu juga makanan yang terlalu berat. Adapun porsi juga tidak perlu terlalu banyak.

Poin yang paling penting adalah tubuh terisi energi dan cukup kenyang di perut. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang akan memiliki bensin agar tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.

 

10. Contoh Teks Persuasi tentang Kebiasaan Merokok

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meskipun sudah disediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat. Padahal, rokok yang berisi cacahan daun tembakau kering ini memiliki banyak bahan kimia, seperti nikotin, tar, dan masih banyak lagi.

Katanya, rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Tapi, itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik. Rokok juga dapat menjadi candu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang ditimbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, sebanyak 4.000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat, dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalisir segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain. Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara rokok.

Sayangi diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitar Anda dengan tidak merokok. Mari berhenti merokok!

 

Itulah tadi ulasan materi tentang contoh-contoh teks persuasif dalam beberapa tema. Mudah-mudahan dapat  membantu kamu untuk lebih memahami materi.

Contoh Teks Persuasi [daring]. Tautan: Contoh Teks Persuasi Lengkap dengan Strukturnya (bsi.today) diakses pada 26 Mei 2022.

Contoh-Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan [daring]. Tautan: Contoh-Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan - Bobo (grid.id) diakses pada 26 Mei 2022.

Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas 8 [daring]. Tautan: Buku Sekolah Elektronik (kemdikbud.go.id) diakses pada 26 Mei 2022.

Contoh Teks Persuasi [daring]. Tautan: https://www.mapel.id/contoh-teks-persuasi/ diakses pada 27 September 2022.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi atau Ulasan : Pengertian, Unsur, Jenis & Struktur | Bahasa Indonesia kelas 8

Struktur Teks Berita: Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Kaidah Kebahasaan, hingga Contohnya

Teks Persuasi: Pengertian, Syarat & Contoh | Bahasa Indonesia Kelas 8